Kalender Hijriyah Updated plus Kalender Hijriah 1429 H

Posted: 10 Januari, 2008 in Artikel, Feature, hari ini, Kalender, perpustakaan islam, quran, Sejarah, Siroh

Untuk Mendapatkan Kalender Kalender 1429 Hijriah klik di 1429.pdf

Artikel di bawah dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.

http://id.wikipedia.org/wiki/Kalender_Hijriyah

Kalender Hijriyah atau Kalender Islam (Bahasa Arab: التقويم الهجري; at-taqwim al-hijri), adalah kalender yang digunakan oleh umat Islam, termasuk dalam menentukan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah, atau hari-hari penting lainnya. Di kebanyakan negara-negara yang berpenduduk mayoritas Islam, Kalender Hijriyah juga digunakan sebagai sistem penanggalan sehari-hari. Kalender Hijriyah menggunakan sistem kalender lunar (komariyah).

Kalender ini dinamakan Kalender Hijriyah, karena pada tahun pertama kalender ini adalah tahun dimana terjadi peristiwa Hijrah-nya Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah, yakni pada tahun 622 M.

Karakteristik

Penentuan dimulainya sebuah hari/tanggal pada Kalender Hijriyah berbeda dengan pada Kalender Masehi. Pada sistem Kalender Masehi, sebuah hari/tanggal dimulai pada pukul 00.00 waktu setempat. Namun pada sistem Kalender Hijriah, sebuah hari/tanggal dimulai ketika terbenamnya matahari di tempat tersebut.

Kalender Hijriyah dibangun berdasarkan rata-rata silkus sinodik bulan kalender lunar (qomariyah), memiliki 12 bulan dalam setahun. Dengan menggunakan siklus sinodik bulan, bilangan hari dalam satu tahunnya adalah (12 x 29,53059 hari = 354,36708 hari).Hal inilah yang menjelaskan 1 tahun Kalender Hijriah lebih pendek sekitar 11 hari dibanding dengan 1 tahun Kalender Masehi.

Faktanya, siklus sinodik bulan bervariasi. Jumlah hari dalam satu bulan dalam Kalender Hijriah bergantung pada posisi bulan, bumi dan matahari. Usia bulan yang mencapai 30 hari bersesuaian dengan terjadinya bulan baru (new moon) di titik apooge, yaitu jarak terjauh antara bulan dan bumi, dan pada saat yang bersamaan, bumi berada pada jarak terdekatnya dengan matahari (perihelion). Sementara itu, satu bulan yang berlangsung 29 hari bertepatan dengan saat terjadinya bulan baru di perige (jarak terdekat bulan dengan bumi) dengan bumi berada di titik terjauhnya dari matahari (aphelion). dari sini terlihat bahwa usia bulan tidak tetap melainkan berubah-ubah (29 – 30 hari) sesuai dengan kedudukan ketiga benda langit tersebut (Bulan, Bumi dan Matahari)

Penentuan awal bulan (new moon) ditandai dengan munculnya penampakan (visibilitas) Bulan Sabit pertama kali (hilal) setelah bulan baru (konjungsi atau ijtimak). Pada fase ini, Bulan terbenam sesaat setelah terbenamnya Matahari, sehingga posisi hilal berada di ufuk barat. Jika hilal tidak dapat terlihat pada hari ke-29, maka jumlah hari pada bulan tersebut dibulatkan menjadi 30 hari. Tidak ada aturan khusus bulan-bulan mana saja yang memiliki 29 hari, dan mana yang memiliki 30 hari. Semuanya tergantung pada penampakan hilal.

Nama-nama bulan

Kalender Hijriyah terdiri dari 12 bulan:

  1. Muharram
  2. Safar
  3. Rabiul awal
  4. Rabiul akhir
  5. Jumadil awal
  6. Jumadil akhir
  7. Rajab
  8. Sya’ban
  9. Ramadhan
  10. Syawal
  11. Dzulkaidah
  12. Dzulhijjah

Nama-nama hari

Kalender Hijriyah terdiri dari 7 hari. Sebuah hari diawali dengan terbenamnya matahari, berbeda dengan Kalender Masehi yang mengawali hari pada saat tengah malam. Berikut adalah nama-nama hari:

  1. al-Ahad (Minggu)
  2. al-Itsnayn (Senin)
  3. ats-Tsalaatsa’ (Selasa)
  4. al-Arba’aa’ (Rabu)
  5. al-Khamiis (Kamis)
  6. al-Jum’aat (Jum’at)
  7. as-Sabt (Sabtu)

Sejarah

Penentuan kapan dimulainya tahun 1 Hijriah dilakukan 6 tahun setelah wafatnya Nabi Muhammad. Namun demikian, sistem yang mendasari Kalender Hijriah telah ada sejak zaman pra-Islam, dan sistem ini direvisi pada tahun ke-9 periode Madinah

Sistem kalender pra-Islam di Arab

Sebelum datangnya Islam, di tanah Arab dikenal sistem kalender berbasis campuran antara Bulan (komariyah) maupun Matahari (syamsiyah). Peredaran bulan digunakan, dan untuk mensinkronkan dengan musim dilakukan penambahan jumlah hari (interkalasi).

Pada waktu itu, belum dikenal penomoran tahun. Sebuah tahun dikenal dengan nama peristiwa yang cukup penting di tahun tersebut. Misalnya, tahun dimana Muhammad lahir, dikenal dengan sebutan “Tahun Gajah”, karena pada waktu itu, terjadi penyerbuan Ka’bah di Mekkah oleh pasukan gajah yang dipimpin oleh Abrahah, Gubernur Yaman (salah satu provinsi Kerajaan Aksum, kini termasuk wilayah Ethiopia).

Revisi penanggalan

Pada era kenabian Muhammad, sistem penanggalan pra-Islam digunakan. Pada tahun ke-9 setelah Hijrah, turun ayat 36-37 Surat At-Taubah, yang melarang menambahkan hari (interkalasi) pada sistem penanggalan.

Penentuan Tahun 1 Kalender Islam

Setelah wafatnya Nabi Muhammad, diusulkan kapan dimulainya Tahun 1 Kalender Islam. Ada yang mengusulkan adalah tahun kelahiran Muhammad sebagai awal patokan penanggalan Islam. Ada yang mengusulkan pula awal patokan penanggalan Islam adalah tahun wafatnya Nabi Muhammad.

Akhirnya, pada tahun 638 M (17 H), khalifah Umar bin Khatab menetapkan awal patokan penanggalan Islam adalah tahun dimana hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah. Penentuan awal patokan ini dilakukan setelah menghilangkan seluruh bulan-bulan tambahan (interkalasi) dalam periode 9 tahun. Tanggal 1 Muharam Tahun 1 Hijriah bertepatan dengan tanggal 16 Juli 622, dan tanggal ini bukan berarti tanggal hijrahnya Nabi Muhammad. Peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad terjadi bulan September 622. Dokumen tertua yang menggunakan sistem Kalender Hijriah adalah papirus di Mesir pada tahun 22 H, PERF 558.

Tanggal-tanggal penting

Tanggal-tanggal penting dalam Kalender Hijriyah adalah:

Hisab dan Rukyat

Rukyat adalah aktivitas mengamati visibilitas hilal, yakni mengamati penampakan bulan sabit yang pertama kali tampak setelah bulan baru (ijtima). Rukyat dapat dilakukan dengan mata telanjang, atau dengan alat bantu optik seperti teleskop. Apabila hilal terlihat, maka pada petang tersebut telah memasuki tanggal 1.

Sedangkan hisab adalah melakukan perhitungan untuk menentukan posisi bulan secara matematis dan astronomis. Hisab merupakan alat bantu untuk mengetahui kapan dan dimana hilal (bulan sabit pertama setelah bulan baru) dapat terlihat. Hisab seringkali dilakukan untuk membantu sebelum melakukan rukyat.

Penentuan awal bulan menjadi sangat signifikan untuk bulan-bulan yang berkaitan dengan ibadah, seperti bulan Ramadan (yakni umat Islam menjalankan puasa ramadan sebulan penuh), Syawal (yakni umat Islam merayakan Hari Raya Idul Fitri), serta Dzulhijjah (dimana terdapat tanggal yang berkaitan dengan ibadah Haji dan Hari Raya Idul Adha). Penentuan kapan hilal dapat terlihat, menjadi motivasi ketertarikan umat Islam dalam astronomi. Ini menjadi salah satu pendorong mengapa Islam menjadi salah satu pengembang awal ilmu astronomi sebagai sains, lepas dari astrologi pada Abad Pertengahan.

Sebagian umat Islam berpendapat bahwa untuk menentukan awal bulan, adalah harus dengan benar-benar melakukan pengamatan hilal secara langsung (rukyatul hilal). Sebagian yang lain berpendapat bahwa penentuan awal bulan cukup dengan melakukan hisab (perhitungan matematis), tanpa harus benar-benar mengamati hilal. Metode hisab juga memiliki berbagai kriteria penentuan, sehingga seringkali menyebabkan perbedaan penentuan awal bulan, yang berakibat adanya perbedaan hari melaksanakan ibadah seperti puasa Ramadan atau Hari Raya Idul Fitri.

Rupa-rupa

  • Menurut perhitungan, dalam satu siklus 30 tahun Kalender Hijriyah, terdapat 11 tahun kabisat dengan jumlah hari sebanyak 355 hari, dan 19 tahun dengan jumlah hari sebanyak 354 hari. Dalam jangka panjang, satu siklus ini cukup akurat hingga satu hari dalam sekitar 2500 tahun. Sedangkan dalam jangka pendek, siklus ini memiliki deviasi 1-2 hari.
  • Microsoft menggunakan Algoritma Kuwait untuk mengkonversi Kalender Gregorian ke Kalender Hijriyah. Algoritma ini diklaim berbasis analisis statistik data historis dari Kuwait, namun dalam kenyataannya adalah salah satu variasi dari Kalender Hijriyah tabular.
  • Untuk konversi secara kasar dari Kalender Hijriyah ke Kalender Masehi (Gregorian), kalikan tahun Hijriyah dengan 0,97, kemudian tambahkan dengan angka 622.
  • Setiap 33 atau 34 tahun Kalender Hijriyah, satu tahun penuh Kalender Hijriyah akan terjadi dalam satu tahun Kalender Masehi. Pada tahun 1429 H nanti, akan terjadi sepenuhnya pada tahun 2008 M.

Kalender Hijriah dan Penanggalan Jawa

Sistem Kalender Jawa berbeda dengan Kalender Hijriyah, meski keduanya memiliki kemiripan. Pada abad ke-1, di Jawa diperkenalkan sistem penanggalan Kalender Saka (berbasis matahari) yang berasal dari India. Sistem penanggalan ini digunakan hingga pada tahun 1625 Masehi (bertepatan dengan tahun 1547 Saka), Sultan Agung mengubah sistem Kalender Jawa dengan mengadopsi Sistem Kalender Hijriah, seperti nama-nama hari, bulan, serta berbasis lunar (komariyah). Namun demikian, demi kesinambungan, angka tahun saka diteruskan, dari 1547 Saka Kalender Jawa tetap meneruskan bilangan tahun dari 1547 Saka ke 1547 Jawa.

Berbeda dengan Kalender Hijriah yang murni menggunakan visibilitas Bulan (moon visibility) pada penentuan awal bulan (first month), Penanggalan Jawa telah menetapkan jumlah hari dalam setiap bulannya.

Komentar
  1. Al wasilah mengatakan:

    Ass..saya mohon bantuan, bisakah anda memberi tahu tgl 14 robiul awal 1986= tgl & bln berapa yg tepat dengan masehi nya???

  2. julfan mengatakan:

    Waalaikum salam.
    Sebenarnya tanggal 14 rabiul awal 1986 itu belum terjadi. Mungkin maksud anda tanggal 14 rabiul awal yang bertepatan dengan tahun 1986 Masehi. Kalau memang itu maksud anda berarti itu tahun 1407 H, tapatnya tanggal 14 rabiul awal 1407 H.
    Bertepatan dengan 16 Nopember 1986.
    Semoga jawaban ini memuaskan.
    untuk informasi lebih lengkap kunjungi : http://prayer.al-islam.com/convert.asp?l=mal

  3. AI Wasilah mengatakan:

    syukron atas balasannya, maaf sebelumnya saya mau nanya lagi kalo tanggal 14 zumadi awal 1407 bertepatan dengan taggal dan bulan apa dalam masehinya? saya mohon bantuannya…terima kasih

  4. julfan mengatakan:

    14 jumadal awal 1407 itu bertepatan dengan 14 januari 1987 M.

  5. ai Wasilah mengatakan:

    maaf sebelumnya, saya masih bingung…menurut ortuku bahwa tanggal 14 jumadal awal 1986 itu hari selasa,tapi klo di cocokin dengan tamggal 14 jumadal awal 1407 ko jadi beda harinya?? sebenarnya 14 jumadal awal…(hijriah) berapa?? bertepatan 1986(maehi).tanggal&bulannya saya g tahu,syukron..

  6. ALBI FITRANSYAH mengatakan:

    DARI ALBI FITRANSYAH

    UMAT ISLAM SELURUH DUNIA, GUNAKANLAH RUKYAT KOTA

    KONSEP RUKYAT KOTA YANG TERINTEGRASI SELURUH KOTA-KOTA DI DUNIA

    Assalamu’alaiukum.
    Saya seorang pengamat astronomi & seorang matematika.
    Berdasarkan pemahaman saya & kesepakatan dari ahli astonomi muslim , bahwa ada beberapa ketentuan internasional mengenai penanggalan islam , yaitu:

    1. Rukyat hilal
    adalah dasar pergantian bulan-bulan qamariyah.

    2. Pola pergerakan Bumi, Bulan, dan Matahari telah menyebabkan belahan Bumi yang pertama kali mengalami rukyat hilal selalu berubah-ubah setiap bulan.

    3. Umur bulan qamariyah secara syar’i adalah 29 atau 30 hari.

    4. Umur tanggal adalah setara dengan umur hari, yakni 24 jam , karena tidak logis ada tanggal yang umurya hanya beberapa jam saja atau adanya keragu-raguan, sebanarnya setelah lewat maghrib, masih tanggal berapa sih? Apa sudah tanggal baru atau masing tanggal lama.

    5. Saat pergantian tanggal di dalam kalender qamariyah adalah pada waktu ghurub Matahari .

    Dalam Muktamar ke-30 Nahdlatul Ulama di Pondok Pesantren Lirboyo tahun 1999, rukyat internasional menjadi salah satu agenda bahasan Bahtsul Masail Diniyah. Permasalahannya adalah apakah boleh penentuan awal bulan qamariyah atau hijriyah, khususnya Ramadhan, Syawal dan Zulhijjah, didasarkan atas rukyat internasional?
    Dengan pendekatan fiqh, muktamirin memutuskan bahwa penggunaan rukyat internasional untuk penentuan awal bulan qamariyah dengan mengenyampingkan batas-¬batas matla’ tidaklah dibenarkan.

    Di dalam wacana fiqh, jawaban untuk masalah ini diwakili oleh dua teori, yakni teori ittifaq al-Matali’ yang disusun oleh mazhab Hanafi, Maliki, dan Hanbali, dan teori ikhtilaf al-Matali’ yang dibangun oleh mazhab Syafi’i. NU, sebagai ormas keagamaan Islam yang akrab dengan belukar pemikiran fiqh mazhab Syafi’i, tentu saja condong berpegang pada teori ikhtilaf al-mntali’.
    Menurut teori ittifaq al-Matali’, peristiwa terbit hilal yang dapat dirukyat dari suatu kawasan Bumi tertentu mengikat seluruh kawasan Bumi lainnya di dalam mengawali dan menyudahi puasa Ramadhan. Dasarnya ialah bahwa sabda Nabi Muhammad SAW: Sumu liru’yatihi… (berpuasalah kalian karena melihat hilal), itu ditujukan untukseluruh umat secara umum, sehingga apabila salah seorang dari mereka telah merukyat hilal, di belahan Bumi mana pun ia berada, maka rukyatnya itu berlaku juga bagi mereka seluruhnya.
    Sedangkan menurut teori ikhtilaf al-Matali’, rukyat hilal itu hanya berlaku untuk kawasan rukyat itu sendiri dan untuk semua kawasan lainnya yang terletak di sebelah baratnya. Sedangkan untuk sebelah timurnya, rukyat hilal itu hanya berlaku bagi kawasan yang berada di dalam atau tidak melampaui ¬batas matla’.

    Rukyat di suatu kawasan, menurut teori ini, tidak dapat diberlakukan untuk seluruh dunia karena, pertama, berdasarkan riwayat Kuraib yang ditakhrij oleh Imam Muslim, bahwa Ibnu Abbas yang tinggal di Madinah menolak berpegang pada rukyat penduduk Syam kendati telah diisbat oleh khalifah Mu’awiyah. Ibnu Abbas mengemukakan alasan, Hakadza Amarana Rasulullah (Begitulah Rasulullah menyuruh kami). Kedua, adanya perbedaan terbit dan terbenam Matahari di pelbagai kawasan di Bumi menyebabkan tidak mungkin seluruh permukaan Bumi disamaratakan sebagai satu matila’.
    Karena “ajaran” perbedaan matla’nya inilah, teori ikhtilaf al-Matali’ dengan mudah dipersepsi sebagai biang terjadinya perbedaan hari dalam memulai maupun mengakhiri puasa Ramadhan di berbagai kawasan di Bumi. Bahkan, lebih jauh, teori ini pun kemudian dituding sebagai pemicu perpecahan umat
    Maka, dalam beberapa tahun terakhir ini muncul di kampus-kampus gerakan untuk memasyarakatkan teori ittifaq al-Matali’ (kesatuan matla’ intemasional) yang diharapkan menjadi jurus pamungkas pemersatu awal dan akhir Ramadhan di seantero dunia. Malah bila perlu, untuk menuju kesatuan waktu ibadah tersebut kaum muslimin digalang untuk bersatu di bawah satu kepemimpinan Islam sejagat (khilafah).
    Tapi persoalannya, logiskah perintah Nabi SAW, Sumu liru’yatihi… itu difahami sebagai dalil yang menghendaki berlakunya rukyat secara intemasional? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu melihatnya dengan pendekatan yang proporsional.

    Pertama, kiranya kita sepakat bahwa hadis kandungan di atas adalah petunjuk tentang penentuan waktu memulai dan mengakhiri puasa Ramadhan. Karena berkenaan dengan waktu, maka pemahaman akan implementasinya haruslah menggunakan logika sistem perjalanan waktu, bukan logika pengertian bahasa.

    Kedua, sunnatullah tentang sistem perjalanan waktu di Bumi adalah bersifat setempat-setempat (lokal), tidak bersifat global. Waktu di Bumi mengalir dari timur ke barat sejalan dengan aliran siang dan malam. Kawasan di timur mengalami syuruq dan ghurub Matahari lebih dulu daripada kawasan di barat. Semakin jauh jarak barat-timur antar kedua kawasan, semakin besar beda waktu antara keduanya. Maka, orang yang melakukan perjalanan jauh, melepaskan diri kawasan tinggalnya, akan menghadapi kesulitan-kesulitan yang berkaitan dengan beda waktu.
    Dengan begitu, semua waktu yang disebut di dalam dalil-dalil syari’at logisnya adalah dipahami sesuai logika sistem perjalanan waktu di Bumi yang bersifat setempat-setempat itu. Kalau pada saat ghurub Matahari di Indonesia hilal belum bisa dirukyat, adalah tidak logis kalau kita kemudian mengikuti rukyatnya orang Mekah. Sama persis tidak logisnya dengan memahami masuknya waktu Zuhur untuk Indonesia pada kira-kira pukul 4 sore karena mengacu pada “tergelincir Matahari” nya Mekah, atau pada kira-kira pukul 10 pagi karena mengikuti “tergelincir Matahari”nya Tokyo.

    Kasus:

    a. Dalam kaitannya dengan penampakan hilal, di Indonesia pada tanggal 11 Oktober 2007 terdapat 2 daerah yang dipisahkan oleh sebuah garis, sebut saja garis batas wujdul-hilal untuk mudahnya(lihat gambar).

    b. Daerah sebelah barat garis batas wujdul-hilal dipastikan (insya Allah) hilal sudah dapat dilihat.

    c. Daerah sebelah timur garis batas wujdul-hilal dipastikan (insya Allah) hilal belum dapat dilihat.

    Dengan demikian bila rukyat dilakukan di Jakarta (sebelah barat garis batas wujdul-hilal) pada tanggal 11 Oktober 2007 di waktu magrib, maka hasilnya menyimpulkan bahwa besoknya (tanggal 12 Oktober 2007) adalah 1 Syawwal 1428 H. Tetapi kalau rukyat itu dilakukan di Samarinda atau Menado atau Ambon yang letaknya di sebelah timur garis batas wujdul-hilal maka hasilnya, insya Allah, menyimpulkan bahwa besoknya (tanggal 12 Oktober 2007) belum 1 Syawwal.

    Butir kedua prinsip kesatuan wilayatul-hukmi essensinya mengatakan bahwa Muhammadiyah menganut prinsip “hanya ada satu Lebaran untuk satu negara”. Prinsip ini nampaknya dianut juga oleh kubu rukyat dan kubu Pemerintah. Buktinya, sepanjang sejarah kubu-kubu ini tidak pernah menetapkan dua daerah Lebaran di Indonesia. Catatan: Dua wilayah hari Raya tidak sama dengan hari Raya ganda. Hari Raya ganda maksudnya ada dua hari Raya untuk satu tempat.

    Isu Utama dan Isu Minor
    Sepanjang pengamatan kami, ada isu yang dihembuskan sebagai isu utama sebagai sumber perbedaan dalam menyimpulkan akhir/awal Ramadan, yaitu masalah definisi hilal. Isu ini minor karena kesepakatan dapat dilakukan dengan mudah jika kedua pihak-pihak yang berbeda pendapat ini keluar dan melihat hilal secara langsung dan sepakat benda itulah yang disebut hilal. Isu yang lebih utama lagi sebenarnya adalah prinsip kesatuan wilayatul hikmi. Secara kenyataan bahwa Indonesia tahun ini akan mempunyai dua zona penampakan hilal. Ini akan menimbulkan persoalan bukan saja bagi kubu hisab tetapi juga kubu rukyat kalau metodanya menggunakan prinsip kesatuan wilayatul hukmi. Lalu bagaimana menyatukannya? Apakah 1 Syawwal mengikuti daerah yang sudah ada penampakan hilal atau harus tunggu sampai semua daerah sudah ada penampakan hilal? Apapun keputusannya hasil akhirnya akan bersifat “tanpa dasar yang logis” (arbitrary). Jangan heran kalau pendapat ulama, bahkan imam mazhab berbeda-beda. Menurut Imam Hanafi dan Maliki, kalender kamariah harus sama di dalam satu wilayah hukum suatu negara, inilah prinsip wilayatul hukmi. Sedangkan menurut Imam Hambali, kesamaan tanggal kamariah ini harus berlaku di seluruh dunia, di bagian bumi yang berada pada malam atau siang yang sama. Sementara itu, menurut Imam Syafi’i, kalender kamariah ini hanya berlaku di tempat-tempat yang berdekatan, sejauh jarak yang dinamakan mathla’. Inilah prinsip matlak madzhab Syafi’i.

    Yang menarik adalah pendapat Ibn Abbas, salah satu ulama yang pernah hidup di masa Rasullulah. Riwayat Kuraib yang diceritakan oleh Muslim bahwa Khalifah Mu’awiyyah di Damaskus shaum/puasa pada hari Jumat sementara Ibnu Abbas di Madinah shaum/puasa pada hari Sabtu. Ketika Kuraib bertanya kepada Ibnu Abbas kenapa tidak berbarengan saja dengan Mu’awiyyah, Ibnu Abbas r.a. menjawab : “Tidak, beginilah Rasulullah saw, telah memerintahkan kepada kami”. Yang dimaksud oleh Ibnu Abbas tentu saja hadist nabi saw yang dikutip di atas. Padahal Damaskus dan Madinah waktu itu masih dalam satu wilayah hukum/satu kekhalifahan.

    Sepanjang pengetahuan kami, tidak ada ayat al-Quran atau hadist yang bisa dikatakan memenuhi persyaratan cukup untuk menunjang konsep prinsip kesatuan wilayatul hukmi Ada hadist yang kadang diajukan sebagai dalil untuk penerapan prinsip kesatuan wilayatul hukmi, yaitu:

    Bahwa seorang Arab Baduwi datang kepada Rasulullah SAW seraya berkata: “Saya telah melihat hilal (Ramadhan)”. Rasulullah saw. lalu bertanya: “Apakah kamu bersaksi bahwa tidak ada ilah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah?” Orang itu menjawab,’Ya.’ Kemudian Nabi SAW menyerukan: “Berpuasalah kalian” (HR. Abu Dawud, An Nasa`i, At Tirmidzi, dan Ibnu Majah dari Ibnu Abbas).

    Tetapi hadist ini tidak bisa memenuhi syarat cukup sebagai dasar argumen untuk penerapan prinsip kesatuan wilayatul hukmi. Dalam hadist ini tidak disebutkan adanya isu perbedaan zona penampakan hilal. Apakah orang badui ini melihatnya di tempat yang jauh dari Madinah (tempat tinggal rasullulah) yang memungkinkan adanya perbedaan zone penampakan hilal? Tidak ada penjelasan

    Dengan kata lain, dasar hukum penggunaan prinsip kesatuan wilayatul hukmi tidak ada mempunyai persyaratan yang cukup. Para mazhab tidak punya kesamaan dan tidak diatur dalam hadist atau al-Quran.

    Pertama harus diakui bahwa tidak benar cara hisab dan rukyat adalah isu utama dari perbedaan hasil penentuan 1 Syawwal.

    Kedua harus diakui bahwa prinsip kesatuan wilayatul-hukmi adalah salah tempat dan salah applikasi. Prinsip kesatuan wilayatul-hukmi sebagai opini ulama, tidak bisa membatalkan hadist untuk menentukan akhir puasa (shaum) atau al-Quran untuk menentukan tanggal. Oleh sebab itu di Indonesia yang wilayahnya membentang sangat lebar (5,271 km) dan luas (1,919,440 km persegi) tidak mungkin selalu diberlakukan 1 hari Lebaran, tanpa melanggar juklak dari rasullulah (hadist nabi) dan pedoman al-Quran. Kadang-kadang Lebaran di Jakarta dan di Menado berbeda. Seperti halnya waktu sholat, waktu puasa dan Iedul Fitri tidak perlu sama untuk semua wilayah republik Indonesia. Jadi tahun ini ada dua wilayah Iedul Fitri di Indonesia, bukan dua Lebaran. Wilayah pertama adalah sebelah barat garis batas wujdul-hilal seperti kepulauan Tanibar, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Barat serta daerah-daerah di sebelah baratnya akan berhari Raya pada tanggal 12 Oktober 2007. Selebihnya dibagian timur akan berhari Raya pada tanggal 13 Oktober 2007).

    Kesimpulan:

    1. Di dalam kalender Islam terdapat garis tanggal wujudul hilal dan visibilitas hilal, yang dapat membelah bumi dengan posisi kemiringan tertentu. Sehingga selalu, dari batas garis wujudul hilal tersebut ke arah barat , kemungkinan melihat hilal semakin mungkin.

    2. Garis tanggal pembeda di atas pada setiap bulan dalam penanggalan Islam akan berubah-ubah letak dan posisinya. Jadi, bisa saja membelah suatu negara yang sangat luas.

    3. Seharusnya, dalam menentukan awal bulan, dalam hal ini penanggalan Islam, hendaknya saya mengusulkan agar, membuat DAFTAR KOTA-KOTA YANG SUDAH MASUK TANGGAL 1 ATAU BELUM. Misal:

    -Daftar kota-kota di seluruh dunia yang sudah masuk tanggal 1 adalah:
    Jakarta, Tanggerang, Pontianak, Padang, Medan, Aceh, Kuala Lumpur, Penang, Bangkok, New Delhi, Jeddah, Riyadh, Mekkah, Madinah, Kairo, London, dan seterusnya sampai ke barat sampai bertemu di titik garis wujudul hilal kembali>

    -Daftar kota-kota di seluruh dunia yang belum masuk tanggal 1 adalah:
    Bandung, Cirebon, Tasikmalaya, Garut, Semarang, Jogjakarta, Surabaya, Ujung Panjang, Jayapura, Tokyo, terus ke barat sampai bertemu di titik garis batas wujudul hilal tadi

    Sehingga, saya atas nama ahli falaq mengusulkan kepada Pemerintah Republik Indonesia, Departemen Agama RI, agar jika garis tanggal Wujudul hilal dan visibilitas hilal melewati Negara Indonesia, maka harus dilakukan pembagian wilayah waktu tanggal, seperti disebutkan sebelumnya.

    4. Tidak menjadi masalah dalam 1 negara terdapat 2 penanggalan yang berbeda . Tetapi dalam 1 kota diharuskan berada pada hari yang sama.

    5. Berdasarkan garis wujudul hilal dan visibilitas hilal di atas, kota-kota yang belum dapat melihat hilal tadi pada Ghurub Maghrib di tempat terbitnya hilal pertama kali, secara ilmiyah, pasti besoknya pada Ghurub matahari hari berikutnya pasti hilal akan nampak juga.

    6. HIZBUT TAHRIR, adalah salah. Jika kita akan menggunakan penanggalan apapun, pastinya harus ada garis tanggal yang membelah bumi menjadi 2 bagian yang berbada.

    7. HIZBUT TAHRIR telah mencampur adukkan penanggalan Islam dengan penanggalan Masehi.

    8. HIZBUT TAHRIR tidak memahami syarat-syarat penanggalan.

    9. Dengan menggunakan dan mengetahui garis tanggal wujudul hilal, maka tidak akan mengalami kekacauan penanggalan.

    10. Meskipun dunia telekomunikasi, internet, satelite, telah maju, sehingga seluruh dunia dapat menerima kabar hilal di suatu tempat, maka :
    JANGAN MEMEBRIKAN INFORMASI MUNCULNYA HILAL DI SUATU KOTA KEPADA ORANG YANG BERADA DI SEBELAH TIMUR.
    BERITAKANLAH KABAR MUNCULNYA HILAL KEPADA KOTA-KOTA YANG BERADA DI SEBELAH BARATNYA.

    11. Bumi adalah bulat. Tidak Datar.

    12. Jika tidak ada garis tanggal wujudul hilal dan visibilitas hilal, maka akan kacaulah penanggalan islam yang digunakan.

    13. HIZBUT TAHRIR TIDAK MEMAHAMI KAJIAN ILMIYAH ASTRONOMIS YANG ADA

    14. Seperti halnya, jadwal sholat, yang mana setiap kota di seluruh Indonesia berbeda-beda. Di Jakarta, maghrib jam 18.00 WIB, sedangkan di Bandung maghrib jam 17.55 WIB. Di Jogja maghrib jam 17.46 WIB.
    Jadi, dalam hal ini wujudul hilal sebagai pembelah bumi juga harus ada.
    15. Dilema yang muncul bila sistem hilal global dipergunakan sebagai acuan adalah pada awal dan akhir ibadah shaum, di bagian timur garis pergantian bulan umat Islam akan berpuasa sebelum waktunya (hilal penentu awal shaum belum ada). Bila awal shaum menunggu pengamat bagian barat dapat melihat hilal, berarti sebagian umat Islam di sebelah timur akan memulai puasa selepas fajar subuh bahkan setelah terbit matahari. Sebaliknya bisa terjadi sebagian Muslim di barat memulainya selepas fajar subuh sehari sebelumnya, bila hilal telah berhasil diamati di bagian timur garis tanggal.

    MATEMATIKAWAN, & PENGAMAT ASTRONOMI MUSLIM, ALBI FITRANSYAH,S.Si

  7. Livia mengatakan:

    Ass..
    Mhn bantuanx,tgl 31 mei 1987 bertepatan dgn tgl berapa y pd kalender hijriah?
    Sukrön

  8. julfan mengatakan:

    @ Livia
    Waalaikum salam wr wb.
    31 Mei 1987 bertapatan dengan tanggal 3 Syawal 1407 H.
    Semoga bermanfaat.

  9. widia astuti mengatakan:

    ass..
    Mohon bantuanx, selama ini saya tidak tahu tgl&tahun kelahiran saya dalam kalender masehi. Tapi, saya hanya mengetahui dari ortu saya, bahwa saya lahir pada hari jum’at, 20 safar sekitar th 1980 an.
    Sukron.

  10. Bob mengatakan:

    Ada yg tau jadwal konversi sholat magrib di seluruh Indonesia? semisal, Medan + 30, Bandung -10, Jombang +20. Mohon bantuannya.

  11. irja mengatakan:

    ass,mau tanya tgl 28 januari 1986,bertepatan pada tanggal berapa di tahun hijriyah/islam,tolong jawabannya ya!!!!! tks a lot

  12. ardian mengatakan:

    salam ‘alaikum?
    minta tolong tanggal 13 januari 1987 sama dengan tanggal berapa dibulan hijrah? apa benar 12 jumadil awal 1407 H saya pengen tau. bisa dikirim lewat e-mail saya ngga? makasi ya sebelumnya…

  13. sya'ban mengatakan:

    tolong di tampilkan contoh kalendernya

  14. Yudi mengatakan:

    Ass..
    Tlg dunk aq lahir 22 juni 1987..klo dlm hijriah tgl brp?! Tlg bls ke email aku ja.. Thx ya.. Was

  15. salman mengatakan:

    29 januari 1980 bertepatan berapa hijrah?

  16. nurul najah md hamdan mengatakan:

    salam w.b.t
    hye saudara..
    saya naja dari malaysia
    saya tertarik dengan website ini,
    saudara saya ingin tahu tarikh & tahun islam bagi tarikh lahir saya
    20 april 1987
    &
    3 julai 1987
    terima kasih kerana membantu, saya harap dapat di send di email saya, jutaan trm kasih.
    salam

  17. julfan mengatakan:

    @nurul najah
    waslm

    Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
    Tanggal

    20 April 1987 sama dengan 20 Syaban 1407 H
    3 Juli 1987 sama dengan 06 Dzulqadah 1407 H

  18. Rendy mengatakan:

    Asslm, saya mau nanya pd tgl 20 agustus 1986 brtepatn pada tgl brp d tahun hijriah?

    Terima kasih!

  19. mahbub zulfa mengatakan:

    asslm, saya mau tanya pd tgl 16 agustus 2008 bertepatan pada tgl brpa d th hijriah,
    trm’s

  20. nia mengatakan:

    ass. mohon bantuannya, menurut ortu saya lahir tanggal 11 februari 1979, bertepatan dengan tanggal berapa d tahun hijriah? terimakasih

  21. Bry mengatakan:

    Assalam’mualaikum.
    Mo tanya donk, Tanggal 7 februari 1986 Masehi = tanggal berapa bulan apa dan tahun berapa Hijriah?
    Syukron.

  22. frist mengatakan:

    Ass. Sya mau nanya tgl 12 november 2008 dan tanggal 12 oktober 2009 bertepatan dengan tgl brp pada bulan hijriah..??

    trma ksih..

  23. frist mengatakan:

    Ass.. Mhon bantuannya, tgl 12 november 2008 dan tgl 12 oktober 2009 bertptan dgn tgl brpa pd klender hijriah??

    trma ksih..

  24. Ali mengatakan:

    AssLmLkm,,ane mau tnya, tgL 14 okt 1986 dan sma dg tgL n thn brapa d’thn hijriyah? KLo bs bLs k emaiL saya, trima ksh bnyk.

  25. idriani mengatakan:

    tanggal 30 ramadan tahun 1980 betepatan tengan tanggal berapa masehinya

  26. mas wijaya mengatakan:

    mas… mohon informasi tgl 21 Januari 2006 bertepatan dengan tanggal bulan dan tahun berapa Hijriah ya…

  27. Ahmad mengatakan:

    Ass.
    Sy mau tahu tanggal 27 januari 1979, itu tgl brp hijriyah y?
    Terimakasih
    wasalam

  28. Sameer mengatakan:

    Ass…sy mau tau tnggl 13 april1987 itu kalender hijryanya tnggl brpa,bulan apa dan taon berapa ??
    Terimakasih
    Wassalam…

  29. M Fahrudin mengatakan:

    Aslmkum.
    Mau tanya klo tanggal 23 April 1988 tanggal qamariyahy jadi brapa?
    Mohon Balasannya.
    Trimakasih jawabannya.

  30. Haryadi mengatakan:

    Assalamualaikum..
    Saya bingung mau cari tau kalu tgl 4 Juni 1986 itu kalau dalam penanggalan Hijriah Tanggal brapa dan Bulan apa ya?
    Trus kalau mau tahu perhitungan itu gimana y?

  31. T - Syach mengatakan:

    Salaam ‘alaykum, Afwan jika tidak merepotkan, saya mau tanya tanggal Hijriah yg bertepatan dgn 01 April 1986 M, syukran atas bantuannya.

  32. ulil absor mengatakan:

    assalamualaikum maaf boleh tanya tanggal 22 Desember 1987 itu tanggal hijriyahnya berapa?

  33. Uray Emir D'Yakunu Habibullah (Uray Emir'e Santhosa ALkadri) mengatakan:

    Ass..
    Mhn bantuanx,tgl 12 januari 1986 bertepatan dgn tgl berapa y pd kalender hijriah?
    Sukrön

  34. Anonymous mengatakan:

    ass………..
    mw nanya………..klo tahun 1987 dan 1986 hari raya idul fitrinya jatuh di hari apa dan tanggal berapa masehi….????mkashhhhhhhhhhhh………………………..

  35. Subagiyo mengatakan:

    Mav aq mau nanya untuk 26 desember 1985 masuk hari masehi apa trus tanggal, bulan tahun hijriyahnya brapa?
    Trimakasih
    Bls ke email aja ya?

  36. salsa mengatakan:

    ass..saya mo nanya klo tgl 5 Zulkaidah 1411 masehi klo tgl nasionalnya berapa dan bertepetan bulan berapa??

  37. ngatini mengatakan:

    saya mau tanya 1 Januari 2008 jatuh tanggal berapa dan bulan apa di tahun hijriyah. terimakasih

  38. Nasrul mengatakan:

    Assalamu Alaikum. Mau nanya, kalau tanggal 11 Mei 2005 dan tanggal 22 Agustus 2007, kalau dalam hitungan bulan hijriyah kira-kira hari, tanggal, bulan dan tahun berapa ya? Terima kasih ya atas infomanya. Wassalau Alaikum

  39. Opik mengatakan:

    sebagai seorang MUSLIM,saya mau bertanya.. untuk tanggal 24 SEPTEMBER 1987 itu kalau di KALENDER HIJRIYAH,masuk pada hari,tanggal,bulan & tahun berapa ya? TOLONG bisa dibantu dan sebelum’y saya ucapkan banyak2 terima kasih
    Wassalamu Alaikum

    (tolong dikirim ke ALAMAT E-MAIL SAYA saja ya)
    :-) :-) :-)

  40. Theresia venny mengatakan:

    mau tanya donk klo tanggal 3 juli 1996, tanggal hidjiriah nya berapa?

  41. kaharuddin mochtar mengatakan:

    tanggal 29 Januari tahun 1987, tanggal hidjiriahnya berapa?

  42. Mufied mengatakan:

    Assalamu’alaikum,

    mau tanya, kalo tanggal 3 januari 1986 itu tepatnya tanggal berapa di tahun hijriah??

    sebelumnya terimakasih

  43. nanang adima mengatakan:

    Assalamu’alaikum,
    mau tanya , kalau tanggal 31 maret 1993 itu tepatnya tanggal berapa di tahum hijryyah?

    sebelumnya terimakasih

  44. Ukht! mengatakan:

    Aw2…Maaf nanyanya boron9an bertepatan t9l,bln n Thn brapa Hijriyah?
    1. 16 Okt 56
    2. 07 Juli 57
    3. 16 Sep 79
    4. 05 Mar 79
    5. 14 Des 80
    6. 29 Ags 82
    7. 15 Jan 84
    8. 19 Mei 87
    9. 05 Des 02
    Makasih byk atas bantuannya Akh!..w3

  45. RORRY mengatakan:

    mohon dibantu,,tanggal 29 April 1985 itu kalau dalam kalender Hijriyah kapan tanggal,bulan,dan tahunnya ????

  46. RORRY mengatakan:

    oh ya,,,mohon dibantu juga,,,kalau tanggal 24 juni 1992 itu kalau dalam kalender hijriyah kapan tanggal,bulan dan tahunnya ?????

  47. Ono mengatakan:

    Asslmkm..
    Saya lhr thn 1987,tp sy tdk thu tepat tanggal,dan bulan masehinya.ortu saya hny bilng sy lhir pd 17 syawal 1407,kira2 tanggal,bulan pd thun itu brp?mhn blsn’y.mksh.wss.

  48. kartika sari mengatakan:

    assalamu’alaikum….harap di bantu,klo tanggal lahir 2 mei 1985 tanggal hijriyahnya tanggal berapa? jazakallahu….

  49. kartika sari mengatakan:

    klo tanggal lahir 2 mei 1985 tanggal hijriyahnya tanggal berapa? jazakallahu….

  50. dinda mengatakan:

    Assalamu’alaikum…

    mau tanya, kalo 29 April 1987 = 1 Ramadhan 1407 H, bukan ???

    Makasii…

  51. Syamsul muarif mengatakan:

    Tolong hitungan masehi tgl 24 N0v 1985 dalam tahun hijriyah tgl brapa? Blz ke email

  52. Anonymous mengatakan:

    ..ASALLAMUALAIKUM..
    pada tanggal 23 08 1993 Masehi pd tanggal berapakah dlm Hijriyah?

  53. wawan kuntoro mengatakan:

    22 – 02 – 1986 = hari pasaran, bulan hijaiyahny?

  54. WIWIN MARIA ULFAL mengatakan:

    mohon bantuan mencari kalender jawa

  55. jony mengatakan:

    mo tnya,tgl 10 juli 2003 & 26 desember 2008 itu bertepatan dgn tgl brpa klo bulan hijriah ? trim’s atas bantuannya.

  56. machdie mengatakan:

    Asslmu,,,saya mau tanya kalau tgl. 19 januari 1980 dan 25 maret 1986 itu bertepatan dengan hari/tgl berapa ya di kalender hijriah,,terimakasih, wasslmu.

  57. amel mengatakan:

    kalo tanggal 15 desember 1987 tepatnya tanggal berapa kalo kalender hijriah?mohon bantuannya ya ..

  58. Anonymous mengatakan:

    mohon bantuan. Sya lahir malam kamis 12 robiul awal tahun taunya pake masehi 1989.tolong kasih tw tahun hijriyah ama tgldan bulan masehinya kalu perlu sama kalender jawanya juga.

  59. nia mengatakan:

    Assalamu’alaikum wr wb. Afwan ana mau nanya tgl 12 Juni 1987 bertepatan dengan tgl brp pada bulan hijriah..?

  60. arya mengatakan:

    assalamualaikum.wr.wb..arya mau tanya,tanggal 15 februari bertepatan dengan tanggal berapa hijiah.terimakasih

  61. Vina mengatakan:

    assalamu’alaikum.wr.wb…
    saya mau tanya, pada tanggal 30 nov 1988 jatuh pada hari apa, dan jatuh pada tanggal, bulan, dan tahun berapa di tahun hijriah???

  62. umen mengatakan:

    ass ,wr.wb
    mhn dibantu ,.ko ygl 10-juni-1999 itu dlm hijriah tgl.bln.th ??? brp ya ,,,sukron

  63. ali mengatakan:

    assalamu’alaikum. Saudaraku, ana mau tanya kalau tanggal 8 februari 1985 bertepatan dg hari,tanggal, bulan dan tahun berapa hijriah? Jazakumullah kheir sblmnya. Tlng kirim jawabannya ke e-mail ana.

  64. ega mengatakan:

    ass, mau ty kalo tgl 8 sya’ban 1407= tgl,bulan dan tahun brp di thn masehi? Mohon balasan’y. Thank’s

  65. nenk mengatakan:

    Tlg ya tampikan kalender tahun 1988 bulan oktober,,,yang ada pahing, wage nya gtu…tlng email ke inemeliani@yahoo.co.id… pnting bgt…mksih

  66. bengkulugadingcempaka mengatakan:

    saya lahir tanggal 16 agustus 1978 tapi menurut konversi kalender hijriah dan penjelasan ortu saya beda, menurut konversi saya lahir pada bulan ramadhan sedangkan menurut ortu saya bukan pada bulan ramadhan tolong dong hitungan hijirahnya berapa yang benar.

  67. Anonymous mengatakan:

    tanggal 2 januari 1992 bertepatan dengn tanggal berapa dan tahun berapa hijriyah?

  68. Dea Yulia Fitris mengatakan:

    assalamu’alaikum.
    dea mau nanya lagi nih. tlg jadiin thn hijriah
    14 juli 1999
    13 juli 2007
    15 september 2002
    03 desember 1977
    23 maret 1950
    makasih :)
    wass

  69. may hannae mengatakan:

    assalamu’alikum….. saya mau nanya tanggal hijriyahnya 16 desember 2008, jatuh di tanggal dan bulan apa ya…

    terimakasih

  70. isan mengatakan:

    asslm pak.
    kalender converter ny g bs dibuka.mhon bantuanny ya pak.
    tgl 14 juli 1988 itu Jatuhnya Hari – Bulan – Tahun berapa ya di Tahun ny Hijriah ? ?
    trims sebelumny.
    mhn kasih lwt email sy aj.
    wasalam

  71. riska januarizal mengatakan:

    Mohon maaf sebelumnya. Saya ♏äƱ nanya kalau tanggal 5 mei 1985 itu kalau di kalender hijriah tepat hari apa?

  72. eliz khalishah mengatakan:

    Ass, mau tanya kalau tanggal 14 oktober 1979 selepas maghrib itu tanggal berapa ya kalau tanggal hijriahnya?
    Dan tanggal 12 september 2010 menjelang isya, 10 februari 1976, dan 30 mei 2008 tengah malam, tanggal hikriahnya tanggal berapa, trinmakasih

  73. dana mengatakan:

    ass.mohon bantuannya,jumat 15 08 1980,hijriahnya tanggal berapa?makasih wassalam

  74. nurul mengatakan:

    Assalamu’alaikum

    10 April 1993 dlm kalender hijriyah?
    mohon bantuannya terima kasih

    Wassalam

  75. s mengatakan:

    21 april 2008 n 24 juli 2007

  76. Anonymous mengatakan:

    lebaran tahun 1979, jatuh pada tanggal berapa, mohon dibantu

  77. khodri mengatakan:

    saya punya masalah kelahiran.
    saya suma tau tahun hijriyah sedangkan masehinya saya ngak tau.
    28-jumadil akhir- tahunnya, tahun masehi 1994

  78. ika mengatakan:

    Assalamu’alaikum wr wb..
    Mohon bantuan, untuk 1 Muharam yg jatuh pada tahun 1987, bertepatan dengan tanggal dan bulan apa ya di tahun tersebut.. Dan bertepatan pula dengan tahun Hijriyah yg ke berapa?
    Syukron…
    Wa’slm…

  79. Jefry mengatakan:

    Dimana ya kira2 bisa kita dapatkan kalender hijriah ?? mohon link downloadnya bila anda tahu

  80. kartini mengatakan:

    assalamu’alaikum. afwan ana mau tanya kalau sekitar tahun 1966 dan 1987 masehi pada hari selasa pas 15 hari dapet puasa saya lahir, berarti itu bertepatan dengan tanggal dan bulan berapa ya? soalnya begitu pernyataan orang tua saya? mohon dijawab ya. syukron

  81. asma mengatakan:

    Ass. Mau nanya, kalo tgl. 23 januari 2003 itu bertepatan tgl. Berapa hijriah yah?

  82. Enny mengatakan:

    Assalamualaikum..bisa tolong Saya di bantu tanggal 3 Maret 1999 sama dengan tgl berapa dlm kalender hijriah?terima kasih sebelumnya.

  83. leeya mengatakan:

    Gagal trs ni mo download app.kalender hijriahx.
    Saya mau tahu tgl lhr utk keluarga saya pd bln ârabx
    Tgl 6 juli 1976, 05 jan 1985, 28 mar 2005, 30 jan 2008 n 03 mar 2012. Trm ksh

  84. randi mengatakan:

    Assalamu’alaikum, wr.wb
    Kalau tanggal 28 desember 1999 pada kalender hiriah itu kapan yahh ??

  85. Anonymous mengatakan:

    assalamu’alaikum,wr,wb,mohon bantuan nya tanggal 24 juni 2007 itu tanggal dan bulan arabnya berapa yah,mohon bantuannya yah

  86. agus mengatakan:

    Saya lahir tanggal 9 september 1992, dalam penanggalan hijriah, bertepatan dengan bulan apa?

  87. amri mengatakan:

    Asalamualaikum pak..!kalo tgl 01-12-1978 menurut tnggaln islam jatuh pada hari apa?

  88. Anonymous mengatakan:

    18 oktober 1979 bertepatan tgl brp hijriyah ya…?

  89. impoet mengatakan:

    ass,
    tolong bngt ya,
    rabu, 12 rabiul awal di tahun 1989
    tepat nya bln apa?

  90. Saftian Pradana mengatakan:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    maaf abang saya mau tanya ini,, kalau tanggal 12 Maret 1986 tepatnya bulan apa pada bulan hijriyahnya???
    sebelumnya terima kasih,,

  91. rasnitin mengatakan:

    Nama rasnitin lahir tahun 1401 bulan jumadilawal ,klo juadilawal tuh bulan kalender masehinya bulan berapa ya

  92. Anonymous mengatakan:

    asslm mualaikum,,
    mau tanya:tgl 5 mei 2005 bulan jawanya apa dan pasarannya apa?mksh

  93. zubaidah mengatakan:

    Saya ♏ªu tanya klu tgl 7 zulkaidah th 1979 masehi,tgl masehi masehi bln dan tgl brp y?

  94. Anonymous mengatakan:

    Assalamualaikum: saya lahir tgl 17 juni 2005 habis maghrib, kalender masehinya brp y?trims,wassalam

  95. Yus Rina mengatakan:

    Assalamualaikum, maaf saya mau minta tolong untuk hari raya Idul fitri pada tahun 1986 itu jatuh pada tanggal berapa ya untuk perhitungan kalender Masehinya?

  96. nizam mengatakan:

    Assalamualaikum wr.wb.. mohon bantuannya saya mau tanya.. tgl 16 mei 2008 bertepatan pd tgl brp dalam bulan hijriyah… terima kasih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s